Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, January 21, 2015

Soto Ayam Blauran

/ On : 8:42 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Pasar blauran surabaya terkenal dengan jajanan dan makanan khas surabaya, bila anda masuk dari pintu yang bersebrangan dengan pintu Mall BG Junction, anda langsung dihadapkan dengan berbagai makanan mulai dari rujak cingur, dawet, tahu kuning, kembang gula, kare, bakso dan masih banyak lagi yang lain.

Sore tadi kita sengaja mampir ke soto Ayam Mini jaya berada di ujung setelah anda melewati jalan yang saya sebutkan pada paragraf diatas. Soto ayam ini terbilang enak terbukti dari jumlah pengunjung yang lebih banyak dari jenis makanan lain yang ada di pasar blauran

Tidak seperti Mall yang sangat mengutamakan kebersihan memang, di pasar blauran nuansa rakyatnya sangat kental bersih tapi usang. Sehingga nampak lux dan nyaman. Apalagi udara surabaya memang panas dan seperti pasar tradisional lain pasar blauran tidak ada AC yang bisa menambah kenyamanan pengunjungnya.

Tapi kesederhanaan dari pasar blauran tidak menyurutkan para penikmat soto ayam Mini Jaya. 

plakat nama dari soto ayam mini jaya diatas memungkinkan anda untuk tidak salah pilih ketikan ingin mencobanya. Jangan khawatir depot soto ayam mini jaya sangat mudah ditemukan karena letaknya yang disudut dan pengunjungnya yang jarang sepi.

Soto Ayam Mini Jaya disajikan dengan Poya, atau Krupuk yang dihancurkan menjadi remah-remah kecil seperti yang tampak pada gambar berikut. 

Bila kita tidak memilih maka akan tampak seperti gambar di atas poya dan potongan telur ayam menjadi pelengkap makan soto ayam yang nikmat ini. Bila kita suka dengan bagian dalam ayam (jerohan) biasanya kita bisa memilih ovarium atau telur yang belum, ada cangkangnya. Tetapi bila kita sudah berusia lanjut dan jarang berolahraga sebaiknya makan soto ayam dengan jerohan di hindari.

Soto Ayam, pastinya mengandung sari pati ayam atau lebih di kenal dengan kaldu yang baik untuk kesehatan.

Pada bagian kaki atau ceker terdapat kolagen atau jaringan ikat yang bening bila terkena cairan yang panas akan menjadi cairan yang kental memiliki antigen atau zat imonugenik.

Selain zat tersebut ternyata cakar ayam juga mengandung hydroxyapatite, merupakan makanan untuk tulang, asam amino prolin dan hidroxiprolin. Bahkan sari pati ayam ini sangat baik untuk mempertahankan daya ingat atau mencegah kepikunan.




0 comments:

Post a Comment

Featured Video